1. Sejarah Lahirnya Dinasti Bani Umaiyah
Telah dipahami bahwa masa pemerintahan Khalifah ke empat Ali bin Abi Thalib terjadi perseteruan dengan Muawiyah binAbi supyan mantan gubernur syam telah dipecat oleh Ali. Pada akhirnya Ali bin Abi Thalib syahid di tangan seorang khawarij ibnu Muljam dan kekhilafahan sesuai dengan kesepakatan Ummat Islam jabtan kekhalifahan diserahkan kepada putra pertamanya al-hasan. Muawiyah tetap berusaha menjadi khalifah sesudah Ali bin Abi Thalib pada akhirnya hasan melakukan perjanjian dengan pihak muawiyah untuk menyerahkan kekuasaan dan jabatan kekhalifahan kepada muawiyah dengan pertimbangan persatuan ummat Islam. Al hasan lebih berpikir dan berorientasi kepada persatuan dan kesatuan ummat Islam. Maka dengan demikian Muawiyah telah resmi menjadi khalifah Ummat Islam berdasarkan perjanjian al hasan.
Pada masa muawiyah selaku khalifah pertama memberikan apresiasi dan perhatian terhadap pendidikan Islam. Pembinaan dan pendidikana Islam melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh khulafaurrasyidin. Pendidikan Islam dilaksakan di kuttab-kuttab, masji, rumah-rumah Ulama. Pada masa muawiyah pendidikan mulai masuk dikalangan istana untuk mendidik anak-anak keluarga kerajaan, selain itu penguasa-penguasa dari kalangan bani umaiyah sering melakukan majlis taklim dengan mengundang ulama, sastrawan, sejarawan dalam bangsa arab, syair-syair Arab, cerita-cerita persia.
Pada masa muawiyah mulai ada perhatian pada ilmu tafsir, ilmu hadis, fiqhi dan ilmu kalam. Bahkan ilmu-ilmu tersebut mulai disusun menjadi disiplin ilmu yang tersusun dengan rapi. Dalam bidang hadis lahir seorang ahli seperti Hasan al basri, dalam bidang fiqhi lahir seorang ahli yakni Ibnu Sihab al Zuhri, dalam ilmu kalam lahir seorang ahli yang kelak sebagai pendiri aliran mu’tazilah adalah Washil bin Atho.
Selain itu diawal pemerintahan bani umaiyah ini berkembang pula bahas arab. Karena daerah semakin meluas dan daerah-daerah tersebut memiliki dealektika dan bahasa tersendiri, sementara disis lain diharuskan untuk mempelajari Al-Quran dan mereka lemah dalam bahsa arab. Untuk itu mereka mepelajari Al-Quran dan terjemahannya diharuskan untuk mempelajari bahsa arab.
Seiring dengan meluasnya kekuasaan islam dan mulai bersentuhan dengan dunia luar, maka tidak hanya dalam budaya tapi juga dalam ilmu pengetahuan yang sudah berkembang didaerah-daerah taklukan umat islam.
Takdapt dihindari bahwa pendidikan islam mendapat pengaruh dari apa yang telah berkembang pada daerah tersebut sehingga dengan sendirinya umat islam harus belajar filsafat, fisika, astronom dan lain-lainnya.
Perhatian dan usaha yang dilakukan terhadap kemajuan dan perkembangan pendidikan islam diawal bani umaiyah menjadi embrio maju dan dan berkembangnya pemikiran-pemikiran dan lahirnya intlektual Islam.
2. Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam Masa Dinasti Umaiyah
Sehubungan dengan ekspansi yang dilakukan oleh para khalifah bani umaiyah, maka daerah-daerah atau wilayah yang dikuasai oleh umat islam harus memeberikan perhatian dan pembinaan keagamaan melalui pendidikan dan pengajaran. Terlebi-lebih kepada mereka yang baru masuk Islam. Pendidikan Islam cepat berekembang diwilayah-wilayah kekuasaan tersebut oleh karena ulama-ulama yang diutus adalh mereka yang mampu. Disamping itu gubernur-gubernur yang berkuasa didearah tersebut memberikan perhatian serius terhadap kemajuan ilmu pengetahuan.
Disamping itu juga fenomena-fenomena yang terjadi pada masa bani umaiyah ikut mewarnai pendidikan Islam pada masa itu. Diantara fenomena-fenomena tersebut sebagi berikut;
a. Munculnya pemahaman (khawarij) pemerintahan islam itu ntidak hanya dikuasai oleh golongan tertentu, tapi pemerintahan adalah milik umat Islam, semua umat islam berhak untuk menjadi khalifah dengan syarat memenuhi kreteria.
b. Golongan yang memandang bahwa yang berhak menjadi khalifah adalah Ali bin Abi Thalib (syiah). Pemimpin-peminpin selain Ali berarti telah merampas hak Ali.
c. Menyebarnya para Ulama di kota-kota dalam wilayah Islam dan berkembang.
d. Tersebarnya riwayat hadis setelah hambatan terhadap penyebaran periwayatan hadis tidak ada lagi, sementara sahabat sesuadah khulafaurrasyidin merupakan stasiun dikota-kota tempat orang minta fatwa dan pengajaran.
e. Timbulnya hadis-hadis rasul yang palsu
f. Kehadiran para cendikiawan yang berasal dari maula-maula yang masuk islam. Mereka kebanyakan berdarah persia, Romawi, atau Mesir.
g. Mulai timbulnya antara golongan ahlu ro’yi dengan ahlu hadis
Fenomena-fenomena tersebut diatas sangat mewarnai pendidkan dan pengajaran agama pada masa bani Umaiyah. Dalam pemerintahan Bani Umaiyah kelompok-kelompok tersebut menjadi musuh dan selalu mengganggu pemerintahan,sehingga dalam proses perjalanan bani umaiyah akibat kualisi dari kelompok tersebut serta gangguan dari dalam internal kekhalifahan bani umaiyah menjadi penyebab kemunduran dan keruntuhan emporium bani umaiyah.
3. Khalifah Umaiyah Yang Konsen Terhadap Pendidikan
Selam kepemimpinan bani umaiyahdalam kanca kekhalifahan selam 7 abad. Silih berganti para kekhalifahan, diantara khaliufah bani umaiyah ada yang baik dan ada yang kurang baik, ada yang peduli dengan ilmu pengetahuan dan ada pula yang tidak peduli. Khalifah bani umaiyah [yang memberikan perhatian terhadap ilmu pengetahuan dan memberikan kemajuan dan capaiyan yang spektakuler adalah Umar bin Abdul Aziz. Pada masa beliu telah lahir usaha untuk modifikasi usaha hadis, usaha untuk menterjemahkan ilmu dari bahsa asing ke bahasa Arab. Dari usah ini melahirkan ilmuan-lmuan dari kalangan muslim diantaranya al haris ibn khaladan ahli dibidang kedokteran di universitas iskandariyah di Mesir.
Kemudian salah satu khalifah bani umaiyah yang terakhir menjadikan dinasti ini sampai kedaratan eropa adalah Abdurrahman ad Dakhil yang menjadi buronan dan pelarian dari bani Abbasiyah. Abdurrahman ad dkhil diterima oleh masyarakat andalusia (spanyol) dan akhirnya beliau menjadi khalifah bani Umaiyah dan masih dapat meneruskan dinasti Umaiyah disan dan melahirkan kejayaan termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu bukti keberhasilan yang dicapai umaiyah dispanyol adalah berdirinya universitas cordova yang menjadi kebanggan tersendiri bagi umat Islam dan menjadi tinta Emas dalam sejarah pendidikan Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar